Upaya Peningkatan Potensi, Pandu Desa Buka Kelas Tulis Berita

Pandu Desa menyampaikan materi

 

Rabu, 3 Maret 2019 para Pandu Desa Se- Teluk Aru membuat agenda pertemuan membahas tentang cara membuat berita pada Sideka di halaman Bumdes Lubuk Kasih Mandiri. Pada kesempatan itu  kegiatan dibuka oleh Iswanto selaku Wakil Ketua kepengerusan Pandu Desa Teluk Aru yang mana ia merupakan Pandu Desa Lubuk Kasih.

Pembukaan oleh Wakil Ketua Pandu Desa Teluk Aru

Pada pertemuan ini dipercayakan kepada Pandu Desa Lubuk Kertang yaitu Wahyuni, S.Pd.I  yang juga merupakan ketua Pandu Desa Teluk Aru untuk menyampaikan materi membuat berita.

Ia menyampaikan langkah-langkah dalam membuat berita. “Kata kunci dalam membuat berita kita harus menggunakan 5 W 1 H. What (Apa kegiatan yang dilaksanakan), who (siapa pelaksana kegiatan), where (dimana kegiatan dilaksanakan), when (kapan dilaksanakan kegiatan), why (mengapa dilaksanakan kegiatan), serta how (bagaimana pelaksanaan kegiatan).

Wahyuni juga menyampaikan ada beberapa komponen yang harus diperhatikan di dalam membuat berita. Penggunanan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, penempatan foto pada berita, serta menggunakan bahasa yang menarik, jelas dan mudah dipahami pembaca.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menambah potensi, wawasan, bertukar pikiran dan saling berbagi tentang hambatan/kesulitan para pandu di dalam membuat berita.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pandu Desa kec. Besitang, Pandu Desa Kec. Brandan Barat, Pandu Desa Kec. Babalan, dan Pandu Desa Kec. Seilepan.

Peserta kegiatan
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan