Persiapan Ramadhan, Lubuk Kertang Sediakan Air Mineral untuk Masjid/Mushalla di Desa.

Petugas pengantar air mineral ke Masjid dan Mushalla di Desa Lubuk Kertang

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan dimana umat islam berlomba-lomba dalam beribadah. Selain berpuasa umat islam akan berbondong-bondong melaksanakan Shalat Taraweh, Witir dan Membaca Alqur’an (tadarus). Karena momen ini hanya dapat dilakukan pada satu bulan (bulan ramadhan) dalam setahun.

Warga Lubuk Kertang tak kalah semangatnya di dalam menyambut bulan Ramadhan tahun ini. Semua Masjid dan Mushalla yang ada di desa dibersihkan oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dan dibantu oleh warga.  Ini dilakukan karena setiap tahunnya baik masjid maupun mushalla akan dipenuhi oleh warga untuk beribadah.

Baik orang tua, remaja bahkan anak-anak memenuhi seluruh tempat beribadah yang ada di desa Lubuk Kertang. Mereka saling berbagi tugas dalam pelaksanaan shalat. Ada yang menjadi imam, bilal, dan mu’adzin.

Selain itu ada budaya menarik yang selalu dilakukan oleh warga Lubuk Kertang. Mereka membuat jadwal bergilir setiap malamnya untuk membawa makanan yang akan disantap jama’ah yang melakukan tadarus Alqur’an.

Melihat semangat warga Lubuk Kertang yang sangat besar, Zul Insan selaku Kades Lubuk Kertang tak mau kalah andil. Iapun memberikan 30-40 kotak air mineral ke masjid dan mushallah yang ada di desa. Tak ada satu tempat ibadahpun yang terlewat, semua mendapatkan air mineral tersebut.

Pemberian air mineral di Mushalla Al-Hidayah Dusun V Kelapa Enam
Pemberian air mineral di Mushalla Dusun IV Alur Lebah
Pemberian air mineral di Mushalla Huda Lilmuttaqin Dusun III Tepi Gandu

Pemberian air mineral ini sudah bertahun-tahun ia lakukan selama masa jabatannya di setiap bulan ramadhan. Penyediaan air mineral ini melalui  Dana Pendapatan Asli Desa (PAD), sumbangan pengusaha dan bantuan dari masyarakat Lubuk Kertang itu sendiri.

Pemberian air mineral Masjid Bitrul Ainan Dusun II Paluh Tabuhan
Pemberian air mineral di Dusun II Paluh Tabuhan
Pemberian air mineral di Masjid Nurul Hasanah Dusun I Janggus
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan