Profil Desa

POROPIL DESA LUBUK KERTANG

KECAMATAN BERANDAN BARAT

KABUPATEN LANGKAT

PROPINSI SUMATERA UTARA

Desa Lubuk Kertang merupakan salah satu Desa dari 7 Desa/Keluran di Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia.

Yang terletak 12 Km ke Arah Selatan dari Ibu Kota Kecamatan, Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara yang terdiri Lima Wilayah Dusun, Dusun I Janggus, Dusun Ii Paluh Tabuahan, Duaun III Tepi Gandu, Dusun IV Alur Lebah, dan Dusun V Kelapa Enam, setiap Dusun terbentuk Enam RW dan 15 RT.

Semua Dusun terletak di daerah pinggiran Hutan Manggrove, dan Areal Persawahan, sebahagian Rumah Penduduk Desa berada di tepi Jalan Desa dan Jalan Dusun.

Desa Lubuk Kertang memiliki Luas Wilayah 2.415.842 Ha, dan Berbatasan dengan :

Sebelah Utara berbatas dengan Desa Pintu Air Kecamatan Pangkalan Susu.

Sebelah Selatan berbatas dengan Desa Perlis dan Kelurahan Pangkalan Batu Kecamatan Berandan Barat.

Sebelah Timur berbatas dengan Selat Malaka.

Sebelah Barat berbatas dengan Desa Tanjung Pasir dan Desa Paya Tampak Kecamatan Pangkalan Susu.

PERUNTUKAN LAHAN

Luas Lahan Sawah : 823,03 Ha

Luas Lahan Ladang/Pekarangan/Tegalan : 60,16 Ha

Luas Lahan Kebun : 494, 26 Ha.

Luas Lahan Kolam/Tambak : 195,66 Ha.

Luas Lahan Mangvrove : 671,73 Ha

Luas Lahan Areal Galian C : 30,52 Ha

Luas Lahan Waduk/Embung : 11Ha.

Luas Lahan Pemukiman /Perkantoran /Sekolah /Tempat Ibadah/ Makam/ Jalan/ Sugai/Semak/Dll : 213,17 Ha.

Luas Lahan Aset PT Pertamina : 17,59 Ha.

Kalau kita lihat Luas Lahan yang dimiliki Rakyat Lebih Besar dari pada Lahan Milik Negara walaupun hampir seluruh Lahan yang di miliki Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat belum Bersertipikat.

Keadaan Lahan :

Semua Lahan Pertanian berupa Lahan Tadah Hujan, Kerena tidak adanya sumber Air Irigasi yang bisa di gunakan, Baik itu Lahan Sawah maupun Lahan Kebun hanya bisa di gunakan dan di Produksi pada Musim Hujan saja.

JUMLAH PENDUDUK

Jumlah Penduduk Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat, sebanyak 3864 Jiwa yang terdiri dari 2021 jiwa Laki-Laki dan 1843 Jiwa Perempuan. Kalau di hitung dari jumlah KK : 1124 KK (Kepala Keluarga)

KEPADATAN PENDUDUK

Jika jumlah Penduduk di bandingkan dengan Jumlah Luas Wilayah  yaiitu 3864 Jiwa / 2.415.842 Ha. X 1 Jiwa/Km2 maka Jumlah 136 Jiwa/Km bahwa Angka ini menunjukkan setiap 1 Km2 Lahan di Desa Lubuk Kertang dihuni 136 Jiwa. Dengan katagori berpenduduk Jarang.(Tidak Padat)

KONDISI SOSIAL EKONOMI

Pada Umumnya tingkat Pendidikan Penduduk Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat adalah SD, SLTP, SLTA dan pada Tahun -Tahun ini mulai Banyak Penduduk Desa yang megecam Pendidikan Perguruan Tinggi.di kerenakan Meningkatnya tarap Hidup Masyarakat dan kesadaran Penduduk untuk menyekolahkan anak- anak mereka

KONDISI SOSIAL BUDAYA

Kehidupan Masyarakat di Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara sangat kental dengan tradisi – tradisi peninggalan Leluhur seperti Upacara-Upacara Adat yang berhubungan dengan Siklus Hidup Manusia (Lahir/Dewasa/Berumah Tangga/Mati) selain itu Tradisi Membuat waktu Turun Tanam Padi dan setelah selesai Turun Tanam padi dan lain-lain.

Tradisi Kegotong Royonggan Masyarakat di sini masih melakat sitiap ada acara Pesta Masyarakat membantu orang sakit sering di lakukan secara Bergotong Royong.

Kesenian yang paling banyak di sukai oleh warga Desa ini adalah kesenian daerah seperti tarian  katagabagi Laki-Laki dan tarian Rejanegubagi perempuan. Namaun para belakagan ini para Pemuda Pemudi  cendurung lebih menyukai tarian Modren.

Kondisi Kesehatan Masyarakat saat ini tergolong Baik kerena adanya 2  buah POSYANDU dan 1 Buah POLINDES dan 1 Buah PUSTU.(Puskesmas Pembantu).

Keberadaan Balita Kurang Giji sudah berkurang kerena adanya Kegiatan PMT di TK dan PAUD. Keadaan Balita Kurang Giji pada umumnya terjadi pada musim Hujan.

Kegiatan Pengamanan Siskamling di Desa ini telah terbentuk LINMAS.

SARANA DAN PRASARANA

Di Desa ini telah ada pembukaan Jalan antra Dusun dan  Desa, namun apabila musim Hujan tiba di beberapa tempat mengalami kerusakan kerena bahu jalan rusak kerena Air Hujan, rusaknya badan Jalan sehingga batu terlepas dari Jalan sihingga menghambat kecepatan Kendsraan.

Prasarana Perhubungan di Desa Lubuk Kertang terdapat Jalan Desa sepanjang 15 Km, dan Jalan Duaun sepanjang 10 Km. Jalan Setapak /Gang sepanjang 20 Km.

Demikianlah PROPIL DESA ini kami perbuat kiranya dapat bermanfaat bagi pembaca.

 

Facebook Comments